DEWASA ini, sering kita dengar istilah ‘Smart City’. Smart City bila diartikan secara awam maka berarti ‘Kota Pintar’. Lantas, apa definisi Smart City yang sesungguhnya? Bagaimana pula kategori kota yang dapat kita sebut sebagai Smart City tersebut? Apakah kota metrapolitan seperti Jakarta di Indonesia adalah salah satu dari Smart City itu?

smart-city
Ilustrasi Smart City Indonesia

Sumber gambar: smartcity.eletsonline.com

Smart City berdasarkan hemat saya adalah suatu kota yang selalu berkembang dari waktu ke waktu dalam urusan teknologi. Kota yang dikategorikan ‘Smart City’ ini selalu mengalami modernisasi setiap saat.

jakarta-panorama
Jakarta Sebagai Ibu Kota Indonesia

Sumber gambar: en.wikipedia.org

Pada tahun 2017, Indonesia tercatat masih menjadi satu dari sekian ratus negara berkembang. Hal ini tidak serta-merta menandakan bahwa di Indonesia tidak ada kota yang dapat dikategorikan sebagai Smart City. Kita ambil contoh Jakarta. Jakarta menjadi pusat perdagangan Indonesia. Jakarta juga menjadi pusat pemerintahan di Indonesia. Dalam dunia pemerintahan di Jakarta, dibuat suatu kebijakan bahwa setiap anak yang masuk perguruan tinggi akan mendapatkan uang sejumlah 18 juta rupiah per tahunnya. Uang tersebut diberikan melalui Kartu Jakarta Pintar (KJP). Pemantauan terhadap penggunaan uang yang diberikan pemerintah dapat dilakukan secara online. Seluruh data tercatat dalam sistem komputer. Hal inilah yang dinamakan dengan e-government, keadaan di mana pemerintah merealisasikan program kerja yang menyejahterakan rakyat melalui kemajuan teknologi informasi masa kini.

1600161img-9728780x390
Pasangan Calon Gubernur DKI Jakarta Periode 2017-2022

Sumber gambar: lampung.tribunnews.com

Selain itu, saya melihat adanya Smart City dalam konsep salah satu kampanye pasangan calon gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022. Konsep ini sangat menarik sekali di mana dana penyelenggaraan kampanye didanai oleh rakyat yang sukarela menyumbang serta berbasis teknologi. Teknologi yang digunakan di sini yaitu seluruh dana (uang) berupa pemasukan dan pengeluaran dapat langsung terpantau oleh seluruh masyarakat di Indonesia. Seluruh data diatur oleh mesin komputer, informasi terkait disampaikan melalui internet seperti media sosial sehingga masyarakat dapat merasa lebih percaya dan nyaman. Hal ini tentu akan meminimalkan penyalahgunaan uang rakyat baik apabila sekarang calon pasangan gubernur sedang menjabat sebagai gubernur periode 1 maupun tidak ataupun setelah terpilih kelaknya.

pengertian-teknologi
Peralatan Canggih Teknologi Informasi Masa Kini

Sumber gambar: lahiya.com

Konsep Smart City Indonesia yang dibutuhkan pada zaman modern dan meng-global ini adalah suatu konsep yang tersistematis. Masyarakat tidak hanya dapat menikmati kemajuan teknologi informasi, tetapi berubah dari suatu keadaan menjadi keadaan yang lebih maju. Inilah yang saya maksud sebagai modernisasi. Smart City bukanlah suatu proses westernisasi atau semacamnya, namun merupakan globalisasi positif yang perlu kita dukung. Konsep Smart City bukan hanya mengajak masyarakat menggunakan peralatan canggih dengan segala kebermanfaatannya secara fisik. Tetapi, Smart City Indonesia harus menjadi bagian dari modernisasi mental dan psikis masyarakat Indonesia itu sendiri.

Smart City Indonesia harus dapat mengubah pola pikir masyarakat tradisional yang tertutup dan serba takut akan dinamika sosial-ekonomi menjadi pola pikir masyarakat modern dan terbuka. Dalam hal ini pula, ada hal yang sangat penting yang mengambil tempat terbesar dari konsep Smart City Indonesia, yaitu pendidikan. Pendidikan yang saya maksudkan bukan hanya pendidikan yang kita dapatkan secara formal di bangku SD (Sekolah Dasar) sampai SMA (Sekolah Menengah Atas)  atau sederajatnya bahkan perguruan tinggi.

Tetapi, pendidikan dapat kita peroleh melalui cara lain seperti pelatihan, training, dan pengubahan pola pikir yang telah saya jelaskan di atas. Hal ini adalah bentuk edukasi. Jadi masyarakat tidak hanya diarahkan menggunakan teknologi informasi dengan menyesuaikan arus perkembangan tanpa mengerti untuk apa segala kemajuan dan penggunaannya itu. Masyarakat harus diajak untuk cermat dan pintar menggunakan teknologi informasi. Salah satunya yaitu dengan adanya sistem terintegrasi yang mengharuskan masyarakat ikut terjun langsung ke dalam suatu forum tertentu. Masyarakat akhirnya akan mengerti dan dapat menggunakan teknologi informasi dengan baik dan benar yang tentunya juga memberi dampak positif kepada masyarakat.

download
Hoax Sebagai Berita Tak Benar

Sumber gambar: trfradio.com

Beberapa waktu ini, kita sempat diricuhkan dengan meningkatnya berita-berita dan artikel-artikel atau sejenisnya yang tidak sesuai dengan kode etik penulisan di dunia pers. Kode etik pers ini sebenarnya telah diatur secara rinci pada UU No. 40 Tahun 1999. Penyalahgunaan ini umumnya kita kenal dengan istilah di dunia sosial media seperti facebook, twitter, instagram, path, dlsb-nya sebagai ‘hoax’. Sejak meningkatnya berita atau artikel yang dikategorikan hoax ini yang paling banyak melalui facebook, beredar kabar Mark Zuckerberg yang merupakan pengembang facebook mengalami kerugian hingga miliaran rupiah. Hal ini menandakan betapa pentingnya suatu berita sesuai dengan kode etik pers dan pentingnya masyarakat agar cerdas untuk memilah berita mana yang benar dengan melihat terlebih dahulu dari manakah sumber berita tersebut berasal.

Melalui peredaran tingginya kabar hoax, masyarakat dunia maya kini berlomba-lomba menghindari hoax. Hal ini menandakan pola pikir masyarakat sangat cepat diubah dengan teknologi informasi. Masyarakat nampaknya telah cukup pintar untuk memastikan kebenaran suatu sumber berita dan tidak langsung percaya akan suatu berita tertentu.

cara-daftar-gojek
Go-Jek Sebagai Contoh Kemudahan Sarana Transportasi

Sumber gambar: caracekterupdate.com

Kemajuan lainnya yang kita rasakan baru-baru ini adalah adanya aplikasi seperti Go-Jek. Go-Jek dispesifikkan lagi menjadi Go-Ride, Go-Food, Go-Car, dan lain sebagainya di mana dibuat suatu sistem ketika penyedia jasa dan pelanggan dapat saling percaya. Penyedia jasa melalui android-nya dapat mengetahui keinginan pelanggan untuk dijemput pada suatu titik tertentu dan dengan bantuan peta online pada aplikasi atau dapat juga menggunakan Google Maps, pelanggan dapat dicari. Terhitung pula berapa kilometer jarak tempat pergi hingga tempat akhir yang akan dituju sehingga harga yang dibayarkan akan lebih fair dan terukur. Pembayaran-pun kini dapat secara online dilakukan dengan Go-Pay. Hal inilah yang kita namakan sebagai kemajuan teknologi informasi yang lebih baik, yaitu semua hal dapat dilakukan dengan lebih mudah dari sebelumnya.

jadwal-keberangkatan-dan-pemesanan-tiket-kereta-api-lebaran-1437h-v4a
Contoh Jadwal Keberangkatan Kereta Api Lebaran 2016 yang Dapat Diakses Online

Sumber gambar: travelling.blogekstra.com

Selain itu, kecanggihan teknologi beserta informasi dapat kita lihat dari pembelian tiket pesawat pada perusahaan ternama seperti Traveloka. Traveloka menyediakan sarana pemesanan tiket pesawat dan reservasi hotel dengan online, mudah, serta pelanggan dapat melihat deskripsi harga dan jadwal sesuai yang diinginkan. Hal ini juga berlaku pada kereta api untuk perusahaan KAI (Kereta Api Indonesia) Commuter Jabodetabek. Oleh karena itu, kita dapat mengambil suatu keuntungan berupa penghematan secara finansial. Sebagai contoh, customer dapat melihat jadwal keberangkatan misalkan dari Jakarta ke Bogor tanpa harus pergi ke stasiun yang pastinya akan menambah biaya transportasi darat  yang lain.

Smart City kini bukan hanya dicanangkan di ibukota saja. Namun, Smart City diharapkan dapat menjangkau keseluruh pelosok negeri. Dengan begitu, penduduk Indonesia akan mendapatkan akses penuh untuk memenuhi hak dan kewajiban mereka. Smart City di berbagai kota-kota besar di Indonesia-pun nampaknya mulai digiatkan di tahun-tahun 2016 belakangan ini serta menuju tahun 2017 diperkirakan akan terus meningkat dan membaik. Melalui Smart City ini pula, diharapkan akan lahir persaingan sehat. Setiap kota berlomba-lomba untuk menjadi lebih baik dari sisi pemerintahan, pendidikan, transportasi, teknologi, dan sebagainya. Setiap kota juga dapat saling melengkapi kebutuhan dan kekurangannya sehingga terjalin komunikasi dan relasi baik antar-kota di Indonesia. Gap yang menipis menjadi sebuah penawaran yang menggiurkan untuk Indonesia yang lebih baik.

Akhirnya, Smart City yang Indonesia butuhkan adalah Smart City Indonesia yang membuat masyarakat terlibat aktif, cerdas, dan pandai berteknologi. Smart City bukanlah kota dengan penggunaan teknologi informasi seperti penggunaan internet terbanyak di dunia, tetapi kota yang diliputi sistem berbasis teknologi untuk kehidupan masyarakatnya yang lebih baik dengan disertai proses edukasi. Dengan adanya edukasi, masyarakat menjadi semakin terpelajar, rendahnya kriminalitas karena masyarakat tidak mudah dibohongi baik secara langsung ataupun menggunakan teknologi informasi.

blog-gamatechno
Blog Writing Competition Gamatechno Indonesia 2017

Sumber gambar: www.gamatechno.com

Salah satu website yang membahas solusi dan hal-hal terkait Smart City dapat diakses di: http://www.gamatechno.com. Gamatechno ini berfokus pada pengembangan solusi teknologi informasi hingga produknya yang berbasis konsep Smart City dalam gtSmartCity Solution yaitu less paper, less, time, less cash, dan less complexity dalam 4 bidang utama. Keempat bidang tersebut yaitu dalam bidang pendidikan, layanan pemerintahan, industri transportasi dan logistik, serta industri life style. Gamatechno yang menyediakan barang dan jasa sesuai konsep Smart City Indonesia ini merupakan satu di antara bisnis yang dijalankan Gama Multi Group dengan slogan legendarisnya β€œBe a National Leading Gadjah Mada Incorporated” besutan Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Indonesia.

Tulisan ini ditulis oleh Anggelina Purnama, mahasiswi S1 Kimia Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Indonesia. Tulisan ini diikutsertakan dalam “Blog Writing Competition 2017” yang diselenggarakan oleh Gamatechno Indonesia.

Kata kunci: Smart City, Smart City Indonesia, Pendidikan, Teknologi, Indonesia.

REFERENSI

[1]https://id.wikipedia.org/wiki/Undang-undang_Pers
[2]http://megapolitan.kompas.com/read/2016/05/02/11503751/DKI.Hadiahkan.Rp.18.Juta.untuk.Pemegang.KJP.yang.Lolos.Perguruan.Tinggi
[3]https://www.gamatechno.com/